Jenis Sapi Brahman, Ciri dan Karakteristiknya

Jenis Sapi Brahman, Ciri dan Karakteristiknya

Sapi Brahman adalah sapi yang berasal dari India, yang termasuk dalam Bos indicus yang kemudian diekspor ke seluruh dunia. Jenis yang utama dari sapi ini ialah Kankrej (Guzerat), Ongole, Nelore, dan Gir. Sapi Brahman dimanfaatkan sebagai penghasil daging. Ciri-ciri sapi Brahman yaitu memiliki punuk besar, telinga, tanduk besar dan gelambir yang memanjang berlipat-lipat dari kepala kebagian dada.

Sapi Brahman selama berabad-abad lamanya telah menerima kondisi kekurangan pakan, serangan parasit, penyakit, serangga dan iklim ekstrim di India yang menjadikan sapi Brahman mampu beradaptasi secara baik dengan berbagai lingkungan yang ada. Daya tahan dari panas juga lebih baik dibandingkan dengan sapi eropa karena sapi brahman memiliki lebih banyak kelenjar keringat, kulit yang berminyak diseluruh tubuh yang membantu dalam resistensi terhadap parasit.

Jenis Sapi Brahman, Ciri dan Karakteristiknya

Sapi Brahman mempunyai karakteristik tubuh yang berukuran sedang dengan berat jantan dewasa serkitar 800 sd 1100 kg, sedangkan betinanya sekitar 500-700 kg. Lalu berat pedet yang baru lahir berkisar antara 30-35 kg, serta bisa tumbuh lebih cepat dengan berat sapih kompettif dengan jenis sapi-sapi lainnya. Persentase karkasnya berkisar 48,6 s.d 54,2%, dengan pertambahan berat harian berkisar 0,83-1,5 kg.

Sapi Brahman memiliki sifat yang pemalu, cerdas dan bisa beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya yang bervariasi. Sapi Brahman suka menerima perlakuan yang halus tetapi bisa menjadi liar apabila menerima perlakuan yang kasar. Oleh karana itu konsekuensinya penanganan sapi jenis ini harus hati-hati. Akan tetapi secara keseluruhan sapi Brahman mudah untuk dikendalikan.

Sapi Brahman memiliki warna yang bervariasi, dari abu-abu muda, merah sampai dengan warna hitam. Namun kebanyakan berwarna abu muda dan abu tua. Sapi jantan memiliki warna yang lebih tua dibandingkan dengan betina dan mempunyai warna gelap didaerah bahu, leher, dan paha bawah.

Sapi Brahman bisa beradaptasi dengan baik pada iklim yang panas, mereka bisa bertahan dari suhu antara 8-105 F, tanpa ganguan selera makan dan produksi susu. Jenis sapi Brahman banyak dikawin silangkan dengan sapi-sapi dari eropa dan dikenal dengan sebuatan Brahman Cross (BX).

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, terima kasih.