Jenis-Jenis Kerbau di Indonesia

Jenis-Jenis Kerbau di Indonesia

Ternak kerbau merupakan termasuk kedalam ternak ruminansia. Berdasarkan taksonominya kerbau termasuk dalam:

Filum : Chordata
Kelas : mammalia
Subfilum : Vertebrata
Genus : Buballus
Sub famili : Bovinae

Species :
1)    Buballus depressicornis
2)    Buballus arnee
3)    Buballus mindorensis
4)    Buballus merah
5)    Buballus caffer

Kerbau memiliki beberapa bangsa ataupun jenis akibat dari penyebaran serta adaptasinya yang luas ke berbagai daerah dibelahan dunia. Menurut Rukmana R (2003) terdapat beberapa jenis kerbau yang ada di India, diantaranya yaitu kerbau Surti, kerbau Murrah, kerbau Nilli, kerbau Nagfuri dan kerbau Mehsana. Sementara di negara Indonesia sendiri terdapat empat jenis kerbau yang sudah dikembangkan, antara lain yaitu kerbau rawa, kerbau lumpur, kerbau lokal, dan kerbau murrah.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Mason (1969) Kerbau Indonesia adalah jenis kerbau modifikasi antara bentuk antelope dan sapi, serta digolongkan menjadi 4 kelompok antara lain yaitu:
1)    Borneo buffalo (Buballus arneehosei), yaitu jenis kerbau lumpur yang ada di Kalimantan.
2)    Anoa (Buballus depresi cornis), yaitu sekelompok anoa yang terdapat di Sulawesi.
3)    Bos arni,yaitu kerbau yang terdapat di Asia Tenggara.
4)    Kerbau-banteng Delhi, yaitu Kerbau sungai, terdapat di Sumatera

Jenis-Jenis Kerbau di Indonesia

1.   Kerbau Lumpur

Kerbau lumpur banyak ditemukan di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Laos, Kamboja, maupun di Indonesia. Kerbau lumpur memiliki sifat senang berkubang didalam lumpur. Pada umumnya kerbau Lumpur ini adalah tipe pekerja yang ulet, baik sebagai pengolah (membajak) sawah ataupun sebagai penarik gerobak. Selain itu juga kerbau lumpur juga cocok dijadikan sebagai penghasil daging.

2.   Kerbau Rawa

Kerbau rawa dapat ditemukan di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Madura, Sumbawa, Timor, Bali, Lombok, Selawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah. Di Kalimantan Selatan kerbau rawa disebut juga dengan kerbau kalang. Kerbau Rawa memiliki sifat yang mirip dengan kerbau Lumpur yakni suka mandi didalam air.

3.   Kerbau Murrah

Kerbau Murrah merupakan salah satu jenis kerbau perah yang banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau murrah ini banyak ditemukan di daerah sekitar Medan, Sumatera Utara. Kerbau Murah adalah kerbau perah yang paling penting.

Ciri-ciri kerbau Murrah antara lain sebagai berikut:
1)    Memiliki bentuk tubuh padat
2)    Leher ringan dan kepala seimbang dengan bagian tubuhnya yang padat
3)    Tubuhnya kuat, punggungnya pendek dan luas
4)    Tanduknya melingkar dalam bentuk spiral. Kerbau Murrah mempunyai ambing susu yang berukuran besar
5)    Ekornya mempunyai bulu kipas berwarna putih yang meluas sampai separuh bagian hock

4.   Kerbau Lokal

Kerbau lokal banyak ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Warna tubuh kerbau lokal pada umumnya berwarna hitam namun ada juga yang berwarna putih. Kerbau Lokal yang berwarna hitam biasanya dipergunakan untuk upacara keagamaan sementara yang berwarna putih biasanya dipergunakan sebagai ternak kerja karena disamping lebih kuat juga lebih tahan terhadap sinar terik matahari.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, terima kasih.