Jenis-Jenis Aquarium Berdasarkan Fungsinya

Jenis-Jenis Aquarium Berdasarkan Fungsinya

Aquarium adalah salah satu wadah pemeliharaan ikan yang relatif sangat mudah didalam perawatannya. Aquarium bisa dipakai untuk budidaya ikan tawar maupun air laut, biasanya dipakai pada proses kegiatan pembenihan ikan ataupun untuk pemeliharaan ikan hias. Aquarium terbuat dari bahan kaca dimana penamaan aquarium berasal dari bahasa latin yakni aqua yang artinya air dan area yang artinya ruang. Jadi aquarium ialah ruangan yang terbatas untuk tempat air yang berpenghuni, yang bisa diawasi dan dinikmati.

Aquarium yang dipakai untuk budidaya ikan  bisa dibuat sendiri maupun membeli langsung dari toko. Fungsi aquarium selain sebagai wadah untuk budidaya ikan juga bisa berfungsi sebagai penghias ruangan dimana akuarium ini bisa dinikmati keindahannya oleh para penggemarnya. Selain itu berdasarkan fungsinya aquarium bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain yaitu:
 
Jenis-Jenis Aquarium Berdasarkan Fungsinya

1)   Akuarium Umum

Akuarium umum ini diisi dengan berbagai jenis ikan dan juga tanaman air yang tujuannya sebagai penghias ruangan. Syarat-syarat akuarium umum antara lain yaitu:
a.    Alat perlengkapan akuarium meliputi aerator, pipa pvc, kabel listrik, dan sebagainya diletakkan tersembunyi supaya tampak lebih alami.
b.    Tanaman disusun dengan estetika.
c.    Usahakan dasar akuarium tampak alami.
d.    Jenis ikan yang dipelihara harus harmonis.
e.    Akuarium akan diletakkan sesuai dan serasi dengan ruangan.

Jenis akuarium umum biasanya dipakai sebagai hiasan bagi berbagai jenis ikan yang bisa dinikmati keindahan warna tubuhnya baik itu ikan air tawar maupun ikan laut dari jenis ikan hias ataupun ikan konsumsi.

2)   Akuarium Kelompok

Ikan yang dipelihara didalam akuarium kelompok harus ikan sejenis atau sekeluarga dan ditanami oleh tanaman air yang dibutuhkan oleh kelompok ikan yang dipelihara tersebut. Syarat akuarium kelompok antara lain yaitu:
a.    Jenis ikan yang dipelihara harus masih sejenis atau sekarabat.
b.    Susunan tanaman air juga disesuaikan dengan ikan yang dipelihara.
Jenis akuarium kelompok ini umumnya dipakai untuk memelihara ikan dalam satu kelompok baik itu ikan hias maupun ikan konsumsi dari ikan air tawar maupun ikan laut.

3)   Akuarium Sejenis

Dalam akuarium sejenis, estetika dan dekorasi dikesampingkan hal ini karena tujuan dari akuarium sejenis adalah untuk mengembang-biakan ikan. Jenis akuarium sejenis biasanya dipakai untuk membudidayakan ikan air tawar dan juga laut.

4)   Akuarium Tanaman

Dalam akuarium tanaman yang memegang peranan penting ialah tanaman air. Ikan yang dimasukan kedalam akuarium tanaman ini hanya berfungsi untuk penghias dan pemelihara tanaman saja.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, terima kasih.