5 Kontribusi Bidang Peternakan

5 Kontribusi Bidang Peternakan

Selain menghasilkan produk utama daging, susu, kulit, telur dan bulu, bidang peternakan juga memberikan kontribusi lain terhadap kehidupan umat manusia. Kontribusi tersebut antara lain yaitu:

1)   Sumber Tenaga

Di beberapa tempat di Indonesia ternak sapi dan kerbau masih sering dimanfaatkan untuk membantu petani mengolah sawah ataupun ladangnya. Untuk sawah yang lumpurnya cukup dalam biasanya pengolahan tanahnya dilakukan dengan menggunakan kerbau, sedangkan untuk tanah yang dangkal juga berpasir biasanya menggunakan sapi. Akan tetapi dengan modernisasi mekanisasi pertanian peran tersebut sekarang banyak digantikan oleh hand traktor.

2)   Pengguna Limbah Pertanian

Limbah hasil budidaya pertanian juga bisa dimanfaatkan untuk ternak ruminansia. Limbah tersebut sudah tidak bisa lagi dikonsumsi oleh manusia. Limbah yang asalnya dari tanaman misalnya seperti jerami padi, batang jagung, dan sebagainya. Limbah yang asalnya dari pengolahan hasil pertanian, misalnya seperti bulu ayam, ampas tahu, tepung darah, bungkil kedelai, onggok singkong, dan sebagainya. Dengan dimanfaatkannya limbah-limbah tersebut maka efesiensi usaha pertanian menjadi meningkat.

3)   Pemanfaat Hasil Ikutan Pertanian

Hasil ikutan usaha pertanian seperti dedak jagung, dedak padi, tetes tebu, bungkil kelapa sawit, dan sebagainya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Dengan demikian petani bisa memperoleh nilai ekonomi yang lebih banyak dari pemanfaatan hasil ikutan pertanian tersebut.

4)   Mendorong Industri Biji-bijian

Pakan ternak banyak yang menggunakan biji-bijian seperti kedelai, kacang tanah, jagung, sorgum, kapas dan sebagainya, kebutuhan akan biji-bijian tersebut mendorong industri biji-bijian terus berkembang. Sampai sakarang ini Indonesia masih mengimpor jagung, dan bungkil kedelai yang diperlukan untuk pakan ternak.

5)   Menyerap Tenaga Kerja

Usaha peternakan bisa juga menyerap tenaga kerja, baik itu sebagai peternak ataupun menyerap tenaga buruh. Daya serap sektor peternakan di Indonesia pada tahun 2005 sebanyak adalah 2,576,940 orang.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, terima kasih.