Peningkatan Produktivitas Pertanian

Peningkatan Produktivitas Pertanian

Perubahan ekonomi serta peningkatan pendapatan masyarakat petani ke arah yang lebih baik merupakan salah satu tujuan terpenting dari budidaya tanaman yang dilakukan. Peningkatan ekonomi harus bisa diwujudkan, hal ini terutama melalui peningkatan produktivitas pertanian. Hal tersebut sangat berhubungan dengan rancangan perbaikan teknik budidaya tanaman disuatu daerah yang harus didasarkan pada faktor biofisik dan keadaan sosial, budaya, serta ekonomi setempat dengan tujuan supaya produktivitas pertaniannya bisa menjamin pendapatan petani yang cukup untuk mendukung kehidupan yang lebih layak.

Dengan begitu penetapan rancangan budidaya tanaman dan pemilihan jenis komoditas yang akan diusahakan disuatu tampat/daerah harus dilaksanakan bersama- sama antara pemerintah, peneliti dan juga masyarakat petani.

Selain itu perlu dipertimbangkan juga jaminan terhadap kelestarian lingkungan hidup. Setiap budidaya tanaman yang dilaksanakan disamping bisa meningkatkan produktivitas, juga harus bisa menekan atau mencegah penurunan kualitas lingkungan hidup (environmental degradation) sehingga kenyamanan hidup masyarakat bisa terjaga secara lestari. Oleh sebab itu tujuan akhir dari segala upaya yang dilaksanakan pada setiap usaha bertanam, apapun yang dilaksanakan ialah untuk memperoleh hasil yang setinggi mungkin baik dari segi kuantitas ataupun dari segi kualitas apakah itu berupa bagian generatif ataupun vegetatif.

Pada kondisi yang kurang menguntungkan ataupun dalam upaya untuk memperbaiki tingkat produktivitas suatu jenis tanaman, pengetahuan yang luas tentang tanaman itu sendiri khususnya yang menyangkut proses produksi yang dibutuhkan untuk menghasilkan produksi optimum mutlak dibutuhkan. Analisis konseptual dalam mengidentifikasi semua faktor-faktor pembatas produksi adalah landasan utama dalam meningkatkan hasil pertanian.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, terima kasih.