Pengertian dan Lingkup Teknik Budidaya Tanaman

Pengertian dan Lingkup Teknik Budidaya Tanaman

Kegiatan pertanian yang merupakan budaya bercocok tanam merupakan kebudayaan paling tua yang dilakukan oleh manusia. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, teknik budidaya tanaman juga turut berkembang menjadi berbagai macam sistem. Dimulai dari sistem yang paling sederhana sampai dengan sistem yang paling canggih. Berbagai teknologi budidaya tanaman ini dikembangkan guna dapat mencapai produktivitas pangan yang diinginkan.

Istilah teknik budidaya tanaman sendiri diturunkan dari pengertian kata teknik, budidaya, dan juga tanaman. Teknik mempunyai arti pengetahuan ataupun kepandaian membuat sesuatu, sementara budidaya berarti usaha yang memberikan hasil. Kata tanaman sendiri merujuk pada pengertian tumbuh-tumbuhan yang diusahakan oleh manusia, yang pada umumnya sudah melampaui proses domestikasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Teknik Budidaya Tanaman adalah proses menghasilkan bahan pangan dan produk-produk agroindustri dengan memanfaatkan sumber daya tanaman/tumbuhan.

Cakupan obyek budidaya tanaman ini mencakup tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura. Sebagaimana bisa dilihat, penggolongan tersebut dilakukan berdasarkan objek budidayanya, antara lain yaitu:
1)    Budidaya tanaman, dengan obyek tanaman/tumbuhan serta diusahakan pada lahan yang diolah secara intensif.
2)    Kehutanan, dengan obyek tanaman/tumbuhan (biasanya pohon) serta diusahakan pada lahan yang setengah liar.

Budidaya tanaman sendiri mempunyai dua ciri penting, antara lain yaitu:
1)    Selalu melibatkan barang dalam volume yang besar.
2)    Proses produksinya mempunyai risiko yang relatif tinggi.

Dua ciri khas tersebut muncul karena pertanian melibatkan makhluk hidup dalam satu atau beberapa tahapnya serta membutuhkan ruang untuk kegiatan tersebut dan jangka waktu tertentu dalam proses produksinya. Beberapa bentuk pertanian modern (contohnya budidaya alga, hidroponika) sudah bisa mengurangi ciri-ciri tersebut namun sebagian besar usaha pertanian dunia masih tetap seperti demikian.

Pengertian dan Lingkup Teknik Budidaya Tanaman

Lingkup Budidaya Tanaman

Lingkup dari budidaya tanaman terdiri atas berbagai bidang ilmu, antara lain yaitu:
1) Pemuliaan tanaman
2) Teknologi benih
3) Pengolahan
4) Teknik budidaya
5) Pengendalian hama, penyakit dan gulma
6) Pemanenan

Semua lingkup budidaya tanaman berada dalam konteks yang padu satu sama lain serta memiliki hubungan timbal balik yang sangat erat. Kegiatan budidaya tanaman sendiri mengandung 3 faktor utama, antara lain yaitu:
1)    Tanaman
2)    Lingkungan tumbuh atau lapang produksi serta teknik budidaya atau pengelolaan
3)    Produk tanaman

Tanaman pertanian ialah tumbuh-tumbuhan yang dikelola oleh manusia pada batas tingkatan tertentu. Jumlah spesies tanaman yang termasuk ke dalam tanaman pertanian ini sangatlah banyak, yaitu mencapai 20.000 spesies lebih. Faktor meningkatnya peradaban dan kebudayaan manusia dan juga pemenuhan kebutuhan pangan, sandang dan papan turut serta akan menambah jumlah spesies yang termasuk kedalam tanaman pertanian ini.

Setidaknya tanaman mengalami dua tahap perkembangan, yakni tahap perkembangan vegetatif dan perkembangan reproduktif. Tahap perkembangan vegetatif mencakup perkecambahan benih, pemunculan dan pertumbuhan bibit serta menjadi tanaman dewasa. Sementara tahap perkembangan reproduktif mencakup pembentukan bunga, pembentukan, pemasakan dan juga pematangan biji.

Selain itu lingkungan tumbuh tanaman bisa digolongkan kedalam dua lingkungan, yaitu lingkungan abiotik dan lingkungan biotik. Lingkungan abiotik yaitu berupa tanah atau medium/substrat lainnya dan iklim/cuaca, sedangkan lingkungan biotik yaitu berupa makhluk hidup lainnya.

Tanah atau medium/substrat merupakan pemasok hara dan air yang dibutuhkan oleh tanaman selain sebagai tempat hidup komponen biotik, baik itu yang menguntungkan ataupun yang merugikan. Sementara itu iklim terdiri dari unsur-unsur seperti udara, suhu, angin, hujan, kelembaban udara, dan cahaya matahari.

Sementara itu lingkungan biotik meliputi hama, penyakit dan juga gulma yang merugikan serta makhluk lainnya yang menguntungkan tanaman. Lingkungan tumbuh yang baik akan memungkinkan produksi tanaman yang baik pula. Tanaman dengan lingkungan tumbuhnya saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lain.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik pembahasan, terima kasih.